Tentang Kami

Administrator 14-10-2017 11:09

Dinas Kesehatan sebagai salah satu dari satuan kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang mempunyai kewajiban menyusun rencana strategis bidang kesehatan selama 5 (lima) tahun untuk mendukung perencanaan daerah dan sebagai pedoman dalam penyusunan rencana kerja Dinas Kesehatan dalam kurun waktu tiap tahun selama 5 (lima) tahun.

Secara khusus bahwa kesehatan merupakan hak azasi manusia, sehingga setiap manusia mempunyai hak untuk hidup sehat. Dengan demikian masyarakat berhak atas akses pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah yang dilaksanakan secara berkesinambungan telah cukup berhasil meningkatkan derajat kesehatan. Namun demikian masih ada permasalahan dibidang kesehatan yaitu masih adanya potensi kematian ibu, adanya stagnasi balita gizi buruk dan gizi kronis yang menyebabkan stunting menjadi isu nasional, tingginya angka penyakit potensial wabah terutama penyakit yang berbasis lingkungan, penyakit akibat gaya hidup (penyakit degeneratif, penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, hipertensi dll). Selain itu, semakin berkembangnya pelayanan kesehatan swasta (tradisional dan modern) yang belum terkoordinir melalui sistem yang baik merupakan tantangan dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah.

Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Aceh Tengah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga masyarakat agar terwujud derajad kesehatan yang setinggi-tingginya, dengan ditandai oleh penduduknya yang berperilaku hidup bersih dan sehat dan hidup dalam lingkungan yang sehat, serta memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan pembangunan kesehatan baik oleh Pemerintah Kabupaten, masyarakat, maupun swasta.